Para santri pesantren dan siswa madrasah di Pandeglang, Banten sangat antusias mengikuti sosialisasi tentang pendaftaran dan perkuliahan di UIN Jakarta. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari di sejumlah pesantren dan madrasah pada tanggal 6-8 November 2018. Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan beasiswa APBN-BLU menjadi pilihan yang menjanjikan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UIN Jakarta.

Sebagai santri di Pesantren-Madrasah Jurusan IPS Madrasah Aliyah Linahdhatil Ulama (MALNU) Menes, Arfiani mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya dia mendapat informasi tentang kuliah langsung dari universitas. Dengan bantuan itu, dia bisa bertanya banyak hal tentang jalur masuk, program studi yang tersedia, biaya, dan juga lingkungan tempat tinggal selama kuliah.

“Saya sangat senang bahwa kampus seperti UIN Jakarta telah menyelenggarakan sosialisasi di pesantren kami. Saya berharap dapat melanjutkan pendidikan di sana. Mohon doanya, Pak,” katanya saat berbincang dengan tim BERITA UIN Online.

Hasanah dan Arfiani memiliki minat yang sama untuk kuliah di Jurusan Manajemen atau Perbankan Syariah. Mereka berdua akan mendaftar di UIN Jakarta karena alasan seperti akreditasi yang baik, kualitas pengajar yang tinggi, dan reputasi baik dari universitas tersebut.

Siswa-siswi SMA seringkali bingung memilih perguruan tinggi yang tepat untuk melanjutkan pendidikan mereka. Namun, Hasanah dan Arfiani serta Nur Asiah dari MAN Cihidieung menemukan bahwa biaya kuliah di UIN Jakarta dengan sistem UKT ternyata jauh lebih terjangkau daripada perguruan tinggi swasta yang terdekat. Hal ini sangat membantu bagi mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi, karena biaya kuliah dapat disesuaikan dengan kemampuan keluarga.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, saya ingin melanjutkan kuliah di bidang Keperawatan dan menjadi seorang perawat. Saya berharap dapat menempuh pendidikan di UIN Jakarta, meski saya berasal dari keluarga sederhana dengan lima anak dan orang tua yang bekerja sebagai pengojek dan tukang dagang kecil-kecilan.

Seperti Nur Asiah, Affandi dari Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar juga akan berusaha keras untuk lulus seleksi masuk UIN Jakarta. Sebagai seorang anak nelayan dari Labuan, ia berencana mengambil jurusan Psikologi atau Pendidikan IPA ketika kuliah di sana.

Meskipun ada beasiswa yang ditawarkan oleh negara, keadaannya berbeda untuk sektor swasta. Sebagai siswa, saya harus menempuh pendidikan di UIN Jakarta. Namun, saya juga akan berusaha keras mencari beasiswa untuk meringankan beban orang tua.

Program Sosialisasi UIN Jakarta telah dijalankan di berbagai pesantren dan madrasah di Kabupaten Pandeglang. Beberapa di antaranya adalah MAN 1 Ciekek Pandeglang, MAN 2 Cihideung Pandeglang, Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar Pusat Cimanying, Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar Li-Nahdlatil Ulama-Pesantren al-Muawanah Menes, dan MA-Pesantren An-Nidhomiyah Labuan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *